A. VISI SEKOLAH
Terwujudnya siswa cerdas, terampil dan berprestasi serta berkarakter iman dan takwa.
B. MISI SEKOLAH
1. Menciptakan suasana dan kebiasaan yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
2. Menciptakan PAKEM
3. Menciptakan siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.
4. Membantu siswa dalam kemampuan di non-materi agar siswa terampil dalam kehidupan.
5. Mewujudkan lingkungan belajar baik di dalam sekolah maupun luar sekolah, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung kondusif dan keberlangsungan pembelajaran dapat uth dan menyeluruh.
6. Mendorong terbentuknya akhlak para siswa yang berlandaskan agama.
C. TUJUAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
Pada akhir tahun 2013 direncanakan sekolah akan mencapai:
1. Menjadi salah satu sekolah dasar yang berbasis multimedia.
2. Merintis terbentuknya sekolah dasar yang menggunakan tekhnologi komunikasi serta jaringan internet dalam proses pendidikan.
3. Memiliki pengawasan yang ketat terkait dengan keamanan lingkungan sekolah.
4. Memanfaatkan fasilitas internet untuk berhubungan dengan orang tua siswa, sehingga akses informasi menjadi lebih mudah.
5. Melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk melakukan praktek yang menguntungkan baik bagi sekolah maupun bagi masyarakat.
D. TANTANGAN
Dalam melaksanakan pengembangan sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tentunya tidak lepasdari hambatan dan kesulitan-kesulitan. Hambatan-hambatan tersebut berasal dari Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam atau Materi.
Ketidakmampuan SDM yang dimiliki dalam menghadapi kamajuan tekhnologi menjadi salah satu tantangan dalam mengembangkan aspek tekhnologi komunikasi di SDN II Sidomulyo. Selain itu, ketiadaan lahan untuk ruang laboratorium komputer juga menjadi hal yang menghambat dilaksanakannya rencana tersebut.
Berikut gambaran tantangan yang dihadapi sekolah jika direpresentasikan dalam tabel :
Tabel 1. Tabel Harapan Sekolah
No | Profil sekolah | Tantangan (Gap) | Harapan |
1. | Prestasi | Belum menguasai ke- terampilan TIK | Mampu menguasai keteram pilan TIK |
2. | SDM | a. Sebagian besar guru belum mengetahui apa dan bagaimana TIK itu | Guru mendapatkan latihan/ training tentang TIK agar dapat menggunakannya |
b.Sebagian guru takut jika alat TIK (kompu- ter) rusak saat meng- gunakan sehingga jadi enggan menggunakan | Berprinsip bisa karena biasa sehingga rajin berlatih | ||
c.Belum mempunyai pelatih yang berpe- ngalaman. | Mempunyai pelatih yang berpengalaman | ||
d.Dukungan dari orang tua siswa masih kurang | Orang tua siswa mendu- kung sepenuhnya terhadap pengadaan Lab. Komputer | ||
3. | Prasarana dan Sarana | a.Tidak tersedianya lahan untuk memba- ngun Lab. Komputer | Ada lahan untuk memba- ngun Lab. Komputer |
b.Memerlukan dana yang sangat besar | Partisipasi seluruh warga sekolah dan PSM untuk memaksimalkan sumbang- sihnya |
Tabel 2. Tabel Analisis Tantangan
No | Profil sekolah | Tantangan (Gap) | Harapan | Urutan prioritas | Tantangan Utama | |
Ya | Tdk | |||||
1. | Prestasi | Belum menguasai keterampilan TIK terampilan TIK | Mampu menguasai TIK | 4 | ü | |
2. | SDM | a. Sebagian besar guru belum mengetahui apa dan bagaimana TIK itu | Guru mendapatkan latihan/ training tentang TIK agar dapat menggunakannya | 6 | | ü |
b.Belum mempunyai pelatih yang berpe- ngalaman. | Mempunyai pelatih yang berpengalaman | 5 | ü | | ||
c.Dukungan dari orang tua siswa masih kurang | Orang tua siswa mendu- kung sepenuhnya terhadap pengadaan Lab. Komputer | 3 | ü | | ||
| | | | | ||
3. | Sarana dan Prasarana | b.Memerlukan dana yang sangat besar | Partisipasi seluruh warga sekolah dan PSM untuk memaksimalkan sumbang- sihnya | 1 | ü | |
a.Tidak tersedianya lahan untuk memba- ngun Lab. Komputer | Ada lahan untuk memba- ngun Lab. Komputer | 2 | ü | |
E. SASARAN
Dari analisis di atas, maka dapat ditentukan sasaran program yang akan dicapai sebagai berikut:
Tabel 3. Tabel Sasaran Program
No | Tantangan Utama | Sasaran |
1 | Dana untuk mengembangkan sekolah yaitu pengadaan Lab. Komputer sangat besar | Diperlukan dana kurang lebih sekitar 90 juta |
2 | Tidak tersedianya lahan untuk membangun Lab. Komputer | Menggunakan kelas yang sudah tidak terpakai, kemudian dirombak menjadi Lab. Komputer |
3 | Dukungan dari orang tua masih kurang | Melakukan sosialisasi tentang tujuan pengadaan Lab. Komputer dan manfaat pentingnya TIK pada zaman modern ini |
4 | Belum menguasai keterampilan TIK | Diadakan pelatihan-pelatihan di luar jam belajar mengajar |
5 | Belum mempunyai pelatih yang berpengalaman | Menyewa pelatih / ahli TIK dari luar sekolah |
F. IDENTIFIKASI FUNGSI
1. Dana
Dana yang diperlukan kurang lebih sebesar 90 juta, didapatkan dari orang tua, peran serta masyarakat, donasi para pihak pemerhati pendidikan dan dana bantuan pemerintah.
2. Lahan
Lahan pembuatan Lab. Komputer memanfaatkan ruangan yang selama ini tidak terpakai. Denah lokasi tempat yang akan digunakan sebagai Lab. Komputer terlampir.
3. Dukungan dari orang tua
Sosialisasi perlu dilakukan sebelum dilaksanakannya program. Sosialisasi tersebut mengundang orang tua dan pihak-pihak yang terkait seperti komite sekolah, stake holder dan pemerhati pendidikan.
4. Keterampilan
Sekolah mengadakan pelatihan keterampilan, khususnya bagi para guru agar dapat menggunakan komputer dengan terampil.
5. Pengadaan pelatih
Pelatih dapat di ambil dari luar sekolah, guru TI atau orang yang berkompeten dalam bidangnya.
G. ANALISIS SWOT
Table 4. Tabel Analisis SWOT
Fungsi dan Faktornya | Kriteria Kesiapan | Kondisi Nyata | Tingkat Kesiapan Faktor | |
siap | tidak | |||
A. Fungsi Ketenagaan 1. Faktor Internal a. Jumlah guru yang menguasai TIK b. Kemampuan guru dalam TIK c. Motivasi guru 2. Faktor Eksternal a. Ketersediaan pelatih b. Dukungan orang tua c. Fasilitas pengembangan diri | Cukup Cukup Tinggi Cukup Tinggi Tinggi | Kurang Kurang Tinggi Kurang Kurang Cukup | ü ü | ü ü ü ü |
B. Fungsi Prasarana dan Sarana 1. Faktor Internal a. Komputer di sekolah b. Penyediaan alat pendukung c. Perawatan sarana dan prasarana 2. Faktor Eksternal a. Dukungan orang tua siswa dalam peningkatan mutu b. Ketersediaan komputer di tingkat kecamatan | Tersedia dan layak pakai Tersedia dan layak pakai Terawat dengan baik Tinggi Tersedia da layak pakai | Hanya 1 & layak pakai Hanya 1 set&layak Terawat dengan baik Kurang Hanya ada beberapa dan tdk layak | ü ü ü | ü ü |
C. Fungsi Pelatihan 1. Faktor Internal a. Pemberdayaan Guru b. Pemberdayaan siswa 2. Faktor Eksternal a. Kesiapan siswa b. Pelatih yang berpengalaman | Guru mampu memaksimalkan kemampuannya Guru mampu memberdayakan siswa Tinggi Tersedia | Cukup mampu Cukup mampu Tinggi Tidak ada | ü ü ü | ü |
D. Fungsi Lingkungan 1. Faktor Eksternal a. Pandangan sekolah di mata sekolah lain b. Dukungan dari peran serta masyarakat c. Dukungan dari pemerintah | Tinggi Tinggi Tinggi | Tinggi Tinggi Tinggi | ü ü ü | |
H. RENCANA DAN PROGRAM SEKOLAH
Program sekolah dalam pengadaan Lab. Komputer merupakan langkah sekolah dalam mengembangkan sekolah berdasarkan manajemen berbasis sekolah. Kelebihan sekolah yaitu salah satu sekolah unggulan di kecamatan dan juga kabupaten mendorong sekolah untuk memajukan sekolah di segala bidang yang bermanfaat bagi keberlangsungan sekolah dan peningkatan pembelajaran peserta didik.
Oleh karena itu, disusunlah rencana pengembangan sekolah ini untuk mewujudkan harapan tersebut. Berikut susunan dokumen yang menjadi pertimbangan dan telaah pebagi seluruh pihak yang terlibat.
1. Estimasi Dana Pengadaan Lab. Komputer
2. Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
3. Jadwal Program Kegiatan Pengadaan Lab. Komputer
Estimasi Dana Pengadaan Lab. Komputer
No | Nama Barang | Harga | Total |
1 | Semen | 53.000/sak x 10 | Rp 530.000 |
2 | Pasir | 360.00/ekl x 2 | Rp 720.000 |
3 | Batu bata | 290/biji x 500 | Rp 145.000 |
4 | Paku-paku (3 cm, 5 cm, 7 cm) | 18.000/kg x 1 13.000/kg x 1 13.000/kg x 1 | Rp 44.000 |
5 | Cat | 38.000/klg x 4 | Rp 152.000 |
6 | Besi ¢ 6 ¢ 12 | 23.500/btg x 12 14.500/btg x 8 | Rp 282.000 Rp 116.000 |
7 | Kaca ES 5 m 36x106 | 80.000/lbr x 2 | Rp 160.000 |
8 | Keramik | 149.000/box x 25 | Rp 3.725.000 |
9 | Kipas Angin gantung | 234.000/bh x 4 | Rp 936.000 |
10 | Pintu trails | 1.200.000/set x 1 | Rp 1.200.000 |
11 | Pintu kayu | 540.000/set x 1 | Rp 540.000 |
12 | Upah tukang | 25.000/orang 25.000 x 3 org x 14 hr | Rp 1.050.000 |
13 | CPU | 720.000/bh x 31 | Rp 22.320.000 |
14 | Monitor flat | 600.000/bh x 31 | Rp 18.600.000 |
15 | Stabilizer | 90.000/bh x 31 | Rp 2.700.000 |
16 | Keyboard | 120.000/bh x 31 | Rp 3.720.000 |
17 | Mouse | 20.000/bh x 31 | Rp 620.000 |
18 | Hardisk | 320.000/bh x 31 | Rp 9.920.000 |
19 | Headset | 45.000/bh x 31 | Rp 1.395.000 |
20 | Speaker | 250.000/bh x 1 | Rp 250.000 |
21 | LAN | 1.800.000/set | Rp 1.800.000 |
22 | Kabel data VGA | 20.000/bh x 31 | Rp 620.000 |
23 | Kabel power CPU | 5000/bh x 31 | Rp 155.000 |
24 | Kabel power monitor | 5000/bh x 31 | Rp 155.000 |
25 | Pemasangan WiFi | 1.200.000/1x pasang | Rp 1.200.000 |
26 | Koneksi internet | 1.800.000/thn | Rp 1.800.000 |
27 | Stop kontak 4 lubang | 125.000/bh x 31 | Rp 3.875.000 |
28 | Steaker | 10.000/bh x 31 | Rp 310.000 |
29 | Meja komputer | 280.000/bh x 31 | Rp 8.680.000 |
30 | Kursi | 110.000/bh x 31 | Rp 3.410.000 |
31 | Pemeliharaan dan perawatan | 10.000/bln x 31 x 12 bln | Rp 3.720.000 |
32 | Lain-lain | | Rp 500.000 |
| TOTAL Rp 91.420.000 |
Mengetahui, Menyetujui, Dibuat oleh,
Ketua Komite Sekolah: Kepala Sekolah Pengaju
( Drs. Wiyoto ) ( Toen Sijatoen, M. Pd ) ( Wergu W)
II. RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH
PENGADAAN LABORATORIUM KOMPUTER
TAHUN AJARAN : 2009/2010
NAMA SEKOLAH : SDN II SIDOMULYO
KECAMATAN : KARANGANYAR
KABUPATEN : KEBUMEN
Sumber Dana | Penggunaan | ||||
No | Uraian | Jumlah | No | Uraian | Jumlah |
I | BANTUAN | | I | Biaya keselu- | |
| 1. Dana BOS | Rp 17.000.000 | | Ruhan | |
| 2. Dana DOP | Rp 5.000.000 | | 1. Biaya barang & jasa | Rp 87.700.000 |
| 3. Dana DAK | Rp 11.000.000 | | ||
| 4. Dana Hibah | Rp 3.000.000 | | 2. Biaya pemeliharaan | Rp 3.720.000 |
| | | | 3. Cadangan | Rp 5.880.000 |
II | DANA KOMITE | | | | |
| 1. Iuran Orang Tua | Rp 18.700.000 | | | |
| 2. Sumbangan Sukarela | Rp 2.900.000 | | | |
| 3. Usaha Lain | | | | |
| a. Kerjasama stake holder | Rp 10.000.000 | | | |
| b. Sponsor | Rp 13.500.000 | | | |
| c. Donasi pemerhati pendidikan | Rp 12.800.000 | | | |
III | PENERIMAAN LAINNYA | | | | |
| Kas Sekolah | Rp 3.400.000 | | | |
| | | | | |
| Jumlah | Rp 97.300.000 | | Jumlah | Rp 97.300.000 |
| | | | | |
Mengetahui, Menyetujui, Dibuat oleh,
Ketua Komite Sekolah Kepala sekolah Pengaju
( Drs. Wiyoto ) ( Toen Sijatoen, M. Pd ) (Wergu W)
III. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
No | Nama Kegiatan | Mei | Juni | Juli | |||||||||
I | II | III | IV | I | II | III | IV | I | II | III | IV | ||
1 | Perencanaan | | | | | | | | | | | | |
| a. Pembuatan proposal pengembangan | ü | | | | | | | | | | | |
| b. Rapat intern | | ü | | | | | | | | | | |
| c. Rapat pleno + sosialisasi | | | ü | | | | | | | | | |
| d. Penetapan keputusan | | | ü | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
2 | Pelaksanaan | | | | | | | | | | | | |
| a. Pembelian bahan dan barang | | | | ü | | | | | | | | |
| b. Renovasi ruangan | | | | | ü | ü | | | | | | |
| c. Laporan pertanggung jawaban | | | | | | | ü | | | | | |
| d. Pengesahan Lab. Komputer | | | | | | | ü | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
3 | Tindak lanjut | | | | | | | | | | | | |
| a. Pengadaan pelatih | | | | | | | | ü | | | | |
| b. Pembelajaran TIK dimulai | | | | | | | | | ü | | | |
| c. Pelatihan guru | | | | | | | | | | ü | ü | ü |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
AYX Group Launches In-Person Virtual Reality Casino in NJ
BalasHapusNew Jersey-based AYX Group is 삼척 출장안마 launching a new virtual reality 아산 출장안마 casino in 여수 출장샵 New 경기도 출장안마 Jersey on Thursday, 광양 출장안마 February 26th, 2021.