Sabtu, 19 Februari 2011

Rencana Pembangunan Sekolah

A.    VISI SEKOLAH
Terwujudnya siswa cerdas, terampil dan berprestasi serta berkarakter iman dan takwa.

B.     MISI SEKOLAH
1.   Menciptakan suasana dan kebiasaan yang meningkatkan keimanan dan    ketakwaan.
2.   Menciptakan PAKEM
3. Menciptakan siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.
4.  Membantu siswa dalam kemampuan di non-materi agar siswa terampil dalam kehidupan.
5. Mewujudkan lingkungan belajar baik di dalam sekolah maupun luar sekolah, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung kondusif dan keberlangsungan pembelajaran dapat uth dan menyeluruh.
6. Mendorong terbentuknya akhlak para siswa yang berlandaskan agama.

C.    TUJUAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
Pada akhir tahun 2013 direncanakan sekolah akan mencapai:
1.      Menjadi salah satu sekolah dasar yang berbasis multimedia.
2.      Merintis terbentuknya sekolah dasar yang menggunakan tekhnologi komunikasi serta jaringan internet dalam proses pendidikan.
3.      Memiliki pengawasan yang ketat terkait dengan keamanan lingkungan sekolah.
4.      Memanfaatkan fasilitas internet untuk berhubungan dengan orang tua siswa, sehingga akses informasi menjadi lebih mudah.
5.      Melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk melakukan praktek yang menguntungkan baik bagi sekolah maupun bagi masyarakat.



D.    TANTANGAN
Dalam melaksanakan pengembangan sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tentunya tidak lepasdari hambatan dan kesulitan-kesulitan. Hambatan-hambatan tersebut berasal dari Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam atau Materi.
Ketidakmampuan SDM yang dimiliki dalam menghadapi kamajuan tekhnologi menjadi salah satu tantangan dalam mengembangkan aspek tekhnologi komunikasi di SDN II Sidomulyo. Selain itu, ketiadaan lahan untuk ruang laboratorium komputer juga menjadi hal yang menghambat dilaksanakannya rencana tersebut.
Berikut gambaran tantangan yang dihadapi sekolah jika direpresentasikan dalam tabel :
Tabel 1. Tabel Harapan Sekolah
No
Profil sekolah
Tantangan (Gap)
Harapan
1.
Prestasi
Belum menguasai ke-
terampilan TIK
Mampu menguasai keteram
pilan TIK
2.
SDM
a. Sebagian besar guru
belum mengetahui apa
dan bagaimana TIK
itu
Guru mendapatkan latihan/
training tentang TIK agar
dapat menggunakannya
b.Sebagian guru takut
jika alat TIK (kompu-
ter) rusak saat meng-
gunakan sehingga jadi
enggan menggunakan
Berprinsip bisa karena biasa
sehingga rajin berlatih
c.Belum mempunyai
pelatih yang berpe-
ngalaman.
Mempunyai pelatih yang
berpengalaman
d.Dukungan dari
orang tua siswa masih
kurang
Orang tua siswa mendu-
kung sepenuhnya terhadap
pengadaan Lab. Komputer
3.
Prasarana dan
Sarana
a.Tidak tersedianya
lahan untuk memba-
ngun Lab. Komputer
Ada lahan untuk memba-
ngun Lab. Komputer
b.Memerlukan dana
yang sangat besar
Partisipasi seluruh warga
sekolah dan PSM untuk
memaksimalkan sumbang-
sihnya

Tabel 2. Tabel Analisis Tantangan
No
Profil sekolah
Tantangan (Gap)
Harapan
Urutan prioritas
Tantangan Utama
Ya
Tdk
1.
Prestasi
Belum menguasai keterampilan TIK
terampilan TIK
Mampu menguasai TIK
4
ü

2.
SDM
a. Sebagian besar guru
belum mengetahui apa
dan bagaimana TIK
itu
Guru mendapatkan latihan/
training tentang TIK agar
dapat menggunakannya
6

ü
b.Belum mempunyai
pelatih yang berpe-
ngalaman.
Mempunyai pelatih yang
berpengalaman
5
ü

c.Dukungan dari
orang tua siswa masih
kurang
Orang tua siswa mendu-
kung sepenuhnya terhadap
pengadaan Lab. Komputer
3
ü






3.
Sarana dan Prasarana
b.Memerlukan dana
yang sangat besar
Partisipasi seluruh warga
sekolah dan PSM untuk
memaksimalkan sumbang-
sihnya
1
ü

a.Tidak tersedianya
lahan untuk memba-
ngun Lab. Komputer
Ada lahan untuk memba-
ngun Lab. Komputer
2
ü


E.     SASARAN
Dari analisis di atas, maka dapat ditentukan sasaran program yang akan dicapai sebagai berikut:
Tabel 3. Tabel Sasaran Program
No
Tantangan Utama
Sasaran
1
Dana untuk mengembangkan sekolah yaitu pengadaan Lab. Komputer sangat besar
Diperlukan dana kurang lebih sekitar 90 juta
2
Tidak tersedianya lahan untuk membangun Lab. Komputer
Menggunakan kelas yang sudah tidak terpakai, kemudian dirombak menjadi Lab. Komputer
3
Dukungan dari orang tua masih kurang
Melakukan sosialisasi tentang tujuan pengadaan Lab. Komputer dan manfaat pentingnya TIK pada zaman modern ini
4
Belum menguasai keterampilan TIK
Diadakan pelatihan-pelatihan di luar jam belajar mengajar
5
Belum mempunyai pelatih yang berpengalaman
Menyewa pelatih / ahli TIK dari luar sekolah


F.     IDENTIFIKASI FUNGSI
1.      Dana
Dana yang diperlukan kurang lebih sebesar 90 juta, didapatkan dari orang tua, peran serta masyarakat, donasi para pihak pemerhati pendidikan dan dana bantuan pemerintah.
2.      Lahan
Lahan pembuatan Lab. Komputer memanfaatkan ruangan yang selama ini tidak terpakai. Denah lokasi tempat yang akan digunakan sebagai Lab. Komputer terlampir.
3.      Dukungan dari orang tua
Sosialisasi perlu dilakukan sebelum dilaksanakannya program. Sosialisasi tersebut mengundang orang tua dan pihak-pihak yang terkait seperti komite sekolah, stake holder dan pemerhati pendidikan.
4.      Keterampilan
Sekolah mengadakan pelatihan keterampilan, khususnya bagi para guru agar dapat menggunakan komputer dengan terampil.
5.      Pengadaan pelatih
Pelatih dapat di ambil dari luar sekolah, guru TI atau orang yang berkompeten dalam bidangnya.
 
G.    ANALISIS SWOT
Table 4. Tabel Analisis SWOT
Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
siap
tidak
A.      Fungsi Ketenagaan
1.      Faktor Internal
a.       Jumlah guru yang menguasai TIK
b.      Kemampuan guru dalam TIK
c.       Motivasi guru

2.      Faktor Eksternal
a.       Ketersediaan pelatih
b.      Dukungan orang tua
c.       Fasilitas pengembangan diri




Cukup

Cukup

Tinggi


Cukup
Tinggi
Tinggi


Kurang 

Kurang

Tinggi


Kurang
Kurang
Cukup






ü




ü


ü

ü




ü
ü
B.     Fungsi Prasarana dan Sarana

1.      Faktor Internal
a.       Komputer di sekolah


b.      Penyediaan alat pendukung
c.       Perawatan sarana dan prasarana



2.      Faktor Eksternal
a.       Dukungan orang tua siswa dalam peningkatan mutu
b.      Ketersediaan komputer di tingkat kecamatan




Tersedia dan layak pakai

Tersedia dan layak pakai
Terawat dengan baik




Tinggi


Tersedia da layak pakai



Hanya 1 & layak pakai
Hanya 1 set&layak
Terawat dengan baik



Kurang


Hanya ada beberapa dan tdk layak



ü


ü

ü














ü


ü
C.     Fungsi Pelatihan
1.      Faktor Internal
a.       Pemberdayaan Guru


b.      Pemberdayaan siswa


2.      Faktor Eksternal
a.       Kesiapan siswa
b.      Pelatih yang berpengalaman





Guru mampu memaksimalkan kemampuannya
Guru mampu memberdayakan siswa

Tinggi
Tersedia


Cukup mampu

Cukup mampu


Tinggi
Tidak ada


ü


ü



ü










ü
D.    Fungsi Lingkungan
1.      Faktor Eksternal
a.       Pandangan sekolah di mata sekolah lain
b.      Dukungan dari peran serta masyarakat
c.       Dukungan dari pemerintah


Tinggi

Tinggi

Tinggi


Tinggi

Tinggi

Tinggi


ü

ü

ü




H.    RENCANA DAN PROGRAM SEKOLAH
Program sekolah dalam pengadaan Lab. Komputer merupakan langkah sekolah dalam mengembangkan sekolah berdasarkan manajemen berbasis sekolah. Kelebihan sekolah yaitu salah satu sekolah unggulan di kecamatan dan juga kabupaten mendorong sekolah untuk memajukan sekolah di segala bidang yang bermanfaat bagi keberlangsungan sekolah dan peningkatan pembelajaran peserta didik.
Oleh karena itu, disusunlah rencana pengembangan sekolah ini untuk mewujudkan harapan tersebut. Berikut susunan dokumen  yang menjadi  pertimbangan dan telaah pebagi seluruh pihak yang terlibat.
1.      Estimasi Dana Pengadaan Lab. Komputer
2.       Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
3.      Jadwal Program Kegiatan Pengadaan Lab. Komputer


  I. ESTIMASI DANA
Estimasi Dana Pengadaan Lab. Komputer

No
Nama Barang
Harga
Total
1
Semen
53.000/sak x 10
Rp     530.000
2
Pasir
360.00/ekl x 2
Rp     720.000
3
Batu bata
290/biji x 500
Rp     145.000
4
Paku-paku (3 cm, 5 cm, 7 cm)
18.000/kg x 1
13.000/kg x 1
13.000/kg x 1
Rp       44.000
5
Cat
38.000/klg x 4
Rp     152.000
6
Besi
¢ 6
¢ 12

23.500/btg x 12
14.500/btg x 8

Rp     282.000
Rp     116.000
7
Kaca ES 5 m 36x106
80.000/lbr x 2
Rp     160.000
8
Keramik
149.000/box x  25
Rp   3.725.000
9
Kipas Angin gantung
234.000/bh x 4
Rp      936.000

10
Pintu trails
1.200.000/set x 1
Rp   1.200.000
11
Pintu kayu
540.000/set x 1
Rp      540.000
12
Upah tukang
25.000/orang
25.000 x 3 org x 14 hr
Rp   1.050.000
13
CPU
720.000/bh x 31
Rp 22.320.000
14
Monitor flat
600.000/bh x 31
Rp 18.600.000
15
Stabilizer
90.000/bh x 31
Rp   2.700.000
16
Keyboard
120.000/bh x 31
Rp   3.720.000
17
Mouse
20.000/bh x 31
Rp      620.000
18
Hardisk
320.000/bh x 31
Rp   9.920.000
19
Headset
45.000/bh x 31
Rp   1.395.000
20
Speaker
250.000/bh x 1
Rp      250.000
21
LAN
1.800.000/set
Rp   1.800.000
22
Kabel data VGA
20.000/bh x 31
Rp      620.000
23
Kabel power CPU
5000/bh x 31
Rp      155.000
24
Kabel power monitor
5000/bh x 31
Rp      155.000

25
Pemasangan WiFi
1.200.000/1x pasang
Rp    1.200.000

26
Koneksi internet
1.800.000/thn
Rp    1.800.000
27
Stop kontak 4 lubang
125.000/bh x 31
Rp    3.875.000
28
Steaker
10.000/bh x 31
Rp       310.000
29
Meja komputer
280.000/bh x 31
Rp    8.680.000
30
Kursi
110.000/bh x 31
Rp    3.410.000
31
Pemeliharaan dan perawatan
10.000/bln x 31 x 12 bln
Rp    3.720.000
32
Lain-lain

Rp       500.000

TOTAL                                                         Rp  91.420.000



Mengetahui,                               Menyetujui,                       Dibuat oleh,
Ketua Komite Sekolah:             Kepala Sekolah                  Pengaju



     ( Drs. Wiyoto )              ( Toen Sijatoen, M. Pd )            ( Wergu W)


  
II. RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH
     PENGADAAN LABORATORIUM KOMPUTER
     TAHUN AJARAN      :  2009/2010
     NAMA SEKOLAH     :  SDN II SIDOMULYO
     KECAMATAN            :  KARANGANYAR
     KABUPATEN             :  KEBUMEN
Sumber Dana
Penggunaan
No
Uraian
Jumlah
No
Uraian
Jumlah
I
BANTUAN

I
Biaya keselu-


1.      Dana BOS
Rp 17.000.000

Ruhan


2.      Dana DOP
Rp   5.000.000

1.      Biaya barang
  & jasa
Rp 87.700.000

3.      Dana DAK
Rp  11.000.000


4.      Dana Hibah
Rp   3.000.000

2.      Biaya pemeliharaan
Rp   3.720.000




3.      Cadangan
Rp   5.880.000
II
DANA KOMITE





1.      Iuran Orang Tua
Rp 18.700.000




2.      Sumbangan Sukarela
Rp   2.900.000




3.        Usaha Lain





a.       Kerjasama stake holder
Rp 10.000.000




b.        Sponsor
Rp 13.500.000




c.         Donasi pemerhati pendidikan
Rp 12.800.000



III
PENERIMAAN LAINNYA





Kas Sekolah
Rp   3.400.000










Jumlah
Rp 97.300.000

Jumlah
Rp 97.300.000







Mengetahui,                                                 Menyetujui,                       Dibuat oleh,
Ketua Komite Sekolah                                Kepala sekolah                  Pengaju


( Drs. Wiyoto )                                     ( Toen Sijatoen, M. Pd )           (Wergu W)


III. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
No
Nama Kegiatan
Mei
Juni
Juli
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1
Perencanaan













a.    Pembuatan proposal pengembangan
ü












b.      Rapat intern

ü











c.       Rapat pleno + sosialisasi


ü










d.        Penetapan keputusan


ü























2
Pelaksanaan













a.    Pembelian bahan dan barang



ü









b.     Renovasi ruangan




ü
ü







c.    Laporan pertanggung jawaban






ü






d.   Pengesahan Lab. Komputer






ü



















3
Tindak lanjut













a.        Pengadaan pelatih







ü





b.      Pembelajaran TIK dimulai








ü




c.       Pelatihan guru









ü
ü
ü












































































































































































1 komentar:

  1. AYX Group Launches In-Person Virtual Reality Casino in NJ
    New Jersey-based AYX Group is 삼척 출장안마 launching a new virtual reality 아산 출장안마 casino in 여수 출장샵 New 경기도 출장안마 Jersey on Thursday, 광양 출장안마 February 26th, 2021.

    BalasHapus